Senin, 23 September 2013

PENERAPAN IQ, EQ, DAN SQ DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN MASING-MASING CONTOHNYA


·        
Pengertian
1.      IQ (Intelligence Quotients)
‘’IQ adalah istilah mengenai semua jenis kecerdasan yang berkaitan dengan kecerdasan intelektual seperti dalam kemampuan untuk menalar, merencanakan sesuatu, kemampuan memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berfikir, penggunaan bahasa dan lainnya. Contohnya pengetahuan tentang pelajaran seperti biologi, matematika,dan seterusnya.
2.      EQ (Emotional Quotients)
‘’Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang yang melibatkan emosi , yang digunakan uantuk memahami diri sendiri dan orang lain. kemampuan pengendalian diri sendiri,semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dan juga mengelola emosi tentunya. Contohnya ketika berkenalan dengan teman baru dan tersenyum kepadanya. Maka kita harus memperlihatkan senyum yang baik dimana bibir kiri maupun kanan simetris karena jika tidak akan tderkesan dipaksakan dan ini tentu tidak menyenangkan bagi orang tersebut.
3.      SQ (Spiritual Quotients)
‘’Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berasal dari dalam hati, menjadikan kita kreatif ketika kita dihadapkan pada masalah pribadi, dan mencoba melihat makna yang terkandung di dalamnya, serta menyelesaikannya dengan baik agar memperoleh ketenangan dan  kedamaian hati. SQ merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. SQ merupakan kecerdasan tertinggi kita. Contohnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial,seperti donor darah.
·         Konsep Penerapan ketiganya dalam dunia pendidikan
‘’Dalam dunia pendidikan, semua aspek kecerdasan (IQ,EQ, dan SQ) sangatlah
penting, karena ketiganya merupakan elemen yang dapat menunjang dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang siswa maupun siswi.
                        ‘’ Yang menjadi faktor utama permasalahan dalam sistem pendidikan nasional saat ini adalah, hanya berorientasi pada satu dimensi kecerdasan saja yaitu kecerdasan intelektual (IQ) sedangkan dimensi kecerdasan yang lain di marginalkan. Saya pikir,ketiganya harus seimbang karena banyak orang yang pintar dalam segi IQ, namun kurang dalam EQ dan SQ, dimana anak tersebut hanya pintar secara ilmunya,namun kurang dalam pengendalian emosi dan juga keimanannya. Percuma kan kalau hanya pintar tetapi prilaku kurang.

                        ‘’ Untuk mengatasi permasalah pendidikan nasional saat ini adalah selain peran pemerintah sebagai pengambil kebijakan dalam hal kurikulum butuh peran dari kepala sekolah dan guru juga dalam usaha mensinergikan ketiga dimensi kecerdasan yaitu IQ, EQ, dan SQ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar